Sabtu, 02 Januari 2016

BAB II

BAB II

 Aspek Pemasaran

A.     Gambaran Umum Pasar

Untuk saat ini jumlah prospek pasar dibidang service komputer khusunya di daerah padang timur masih sangat luas, untuk itu kami berfokus pada daerah ini yaitu di daerah kecamatan  pauh yang mana kami melihat kebutuhan jasa IT untuk kalangan mahasiswa dan pegawai kantor cukup tinggi.

B.     Analisa Pemasaran

1.      Konsumen
a.       Sasaran Utama Konsumen
-          Mahasiwa Perguruan tinggi yang menggunakan laptop dan masih awam dengan penggunaan komputer khusunya mahasiswa yang mempunyai jurusan selain jurusan TI  di sekitar daerah tempat usaha kami di antaranya mahasiswa Gunadarma .
-          Pegawai perkantoran seperti Guru Sekolah, Dosen, Pegawai kantor yang berada di sekitar tempat usaha
-          Teman-teman dari kami yang sudah mengetahui kapasitas kerja dan kemampuan kami
-          Konsumen yang sudah pernah menjadi pelanggan kami sebelumnya
-          Masyarakat sekitar tempat usaha pada umumnya
b.      Perkiraan Jumlah Persediaan Product Dan Jasa
Untuk memperkirakan jumlah persediaan product dan jasa yang akan kami tawarkan akan memakai sampel 1 bulan awal terhitung saaat mulai pendirian usaha, namun akan terus naik setiap bulannya dengan penyesuaian terhadap jumlah permintaan terhadap produk dan jasa yang kami sediakan. Berikut data produk dan jasa yang kami sediakan beserta jumlahnya:
Prediksi Persedian Jasa Dalam 1 Bulan
Produk dan Jasa
Jumlah
Satuan
Software Sistem Operasi



Windows Xp
3
Keping

Windows Vista
3
Keping

Windows &
3
Keping

Linux
3
Keping
Model Instalasi Jaringan


Organisasi
10
Model

Forum
10
Model

LAN warnet
4
Model

Home
3
Model

Wireles
2
Model

Workgroup
2
Model
Scan Virus Gratis


Kaspersky Antivirus
1
Macam

AVG antivurus
1
Macam

Avira Antivirus
1
Macam

Smadav Antivirus
1
Macam

Avast Antivirus
1
Macam

Command Promt
1
Macam
Aksesoris Komputer

Mouse USB
5
Set

Keyboard
5
Set

Mouse Pad
1
Pack

Keyboard Protector
5
Pack

Cleaner
3
Set

Screean Guard
3
Set

Tinta Print
3
Set

Kaabel Data
10
Set

Kabel Power
10
Set
Cardreader
5
Set

Fan CPU
5
Set

Cooling Laptop
5
Set

CD-R
2
Pack

CD-RW
2
Pack

DVD-R
2
Pack

DVD-RW
2
Pack

Flashdisk 4 GB
3
Set

Flashdisk 8 GB
3
Set
Total

123



c.       Perkiraan Jumlah Permintaan ( Konsumen)
Dari data persediaan product dan jasa di atas dapat di perkirakan jumlah permintaan dan penawaran setiap bulannya dari konsumen dengan data sebagai berikut :
Bulan ke  1-3
Analisa Penjualan product dan jasa dalam bulan ke 1-3
Product dan Jasa
Harga Satuan
Jumlah Permintaan
Total
Ket
Instalasi Windows Xp
Rp30.000
10
Rp300.000

Instalasi windows Vista
Rp35.000
3
Rp105.000

Instalasi Windows 7
Rp35.000
9
Rp315.000

instalasi linux
Rp50.000
1
Rp50.000

instalasi jaringan warnet
Rp300.000
2
Rp600.000

instalasi jaringan  rumah
Rp100.000
2
Rp200.000

Editing Photo
Rp10.000
5
Rp50.000

editing video
Rp50.000
3
Rp150.000

pembuatan program sederhana
Rp50.000
2
Rp100.000

Konsultasi IT
-


Gratis
Scaning Virus
-


Gratis
Penjualan Akseoris Komputer
Rp10.000
50
Rp500.000

Total Perkiraan Permintaan

65
Rp1.750.000

     Bulan 4-12 :
Analisa Penjualan product dan jasa dalam 1 bulan
Product dan Jasa
Harga Satuan
Jumlah Permintaan
Total
Ket
Instalasi Windows Xp
Rp30.000
15
Rp450.000

Instalasi windows Vista
Rp35.000
5
Rp175.000

Instalasi Windows 7
Rp35.000
20
Rp700.000

instalasi linux
Rp50.000
5
Rp250.000

pemasangan jaringan warnet
Rp300.000
5
Rp1.500.000

pemasangan jaringan internet rumah
Rp100.000
3
Rp300.000

Editing Photo
Rp10.000
3
Rp30.000

editing video
Rp50.000
3
Rp150.000

pembuatan program sederhana
Rp50.000
2
Rp100.000

Konsultasi IT
-


Gratis
Scaning Virus
-


Gratis
Penjualan Akseoris Komputer
Rp10.000
100
Rp1.000.000

Total Perkiraan Permintaan

161
Rp3.655.000


Dari data diatas untuk tahap awal, kami bisa meraih 65 konsumen baik dibidang jasa maupun penjualn aksesoris, dan akan mencapai angka 161 pada bulan ke-4 sampai bulan ke-12 setiap tahunnya.

C.     Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang dilakukan :
a.       Keterangan Produk
Produk yang akan di jual di khusukan pada pelayanan jasa dan aksesoris komputer yang mana pelayanan jasa ini di lakukan oleh anggota kelompok yang sudah memiliki skil dan keterampilan di masing-masing bidang usaha.
b.      Keunggulan Produk dan Jasa
Disini kami tidak hanya menyediakan pelayanan jasa saat pelanggan masuk, namun untuk jaringan kami memberikan maintenance atau garansi untuk masalah-masalah teknis khusunya jaringan dan webdesign. Kami juga memberikan pelayanan jasa untuk scaning virus dan konsultasi masalah IT secara gratis kepada konsumen.
c.       Harga Produk
Harga yang di tawarkan itu bergantung pada tingkat atau level permintaan dari konsumen, namun semua bentuk harga akan terjangkau oleh konsumen, karena konsumen akan banya berasal dari kalangan mahasiswa.
d.      Jalur Penjulan
Penjualan Produk dan jasa akan kami lakukan secara indoor dan outdoor, dimana tidak hanya di tempat usah tapi kami akan menerima layanan antar dan jemput produk. Penjuan kami lakukan secara langsung maupun melalui internet.
e.       Promosi
Untuk promosi priorotas utama kami adalah melau website, facebook, twitter,radio dan pamflet yang akan di sebar di sekitar komplek universitas andala, politeknik negeri padang, areal pasar, areal keramaen. Kemudian presentasi langsung ke-kantor kantor dan toko yang sudah membutuhkan sebuah sistem informasi untuk kantornya. Utamanya akan di lakukan oleh par anggota melalui teman-teman terdekat.
f.       Garansi
Setiap Penjualan jasa yang kami lakukan akan kami berian garansi yaitu maintenance gratis, untuk instalasi jaringan kami akan memberikan garansi selama 1 bulan, untuk webdesign garansi selama 2 minggu.


2.      Analisis Pesaing
a.       Tahap Survey Pesaing
Adapun tahap survey yang kami lakukan untuk meninjau pesaing di sekitar lokasi usaha yang akan kami lakukan yaitu di daerah pasar baru, kapalo koto, bandar buat, dan kelurahan pisang adalah dengan cara tinjaun langsung lokasi pesaing dan informasi dari teman-teman terdekat serta koonsumen yang sudah pernah belanja di toko tersebut
b.      Jumlah Pesaing
Dari survei yang kami lakukan ada 1 bentuk service komputer dan penjualan komputer.
c.       Keunggulan dan Kekurangan Pesaing
Dari data yang kami kumpulkan ada beberapa kelebihan dan kekurangan pesaing
Kelebihan :
-          Penjualan Aksesoris yang sudah lengkap
-          Jumlah pelanggan tetap yang sudah banya
-          Tingkat kepercayaan konsumen yang sudah tinggi
-          Modal yang besar
-          Penjulan dan pembelian barang komputer
Kekurangan :
-          Tingkat Pelayanan jasa yang masih kurang nyaman dan ramah
-          Keterlambatan waktu perbaikan komputer bahkan untuk instalasi komputer itu mencapai 1 hingga 2 hari
-          Tidak ada layanan pembuatan webdesign, webblog dan editing
-          Kemampuan anggota teknisi yang masih minim
-          Semua bentuk pelayanan jasa mempunyai nilai bayar
-          Susah untuk menerima panggilan langsung ke rumah
-          Monoton untuk penjualan dan service komputer saja
3.      Peluang Pasar

Dari beberapa kekurangan yang ada pada pesaing, maka kami bisa melihat peluang pasar yang  cukup menguntungkan, dimana untuk menarik pelaggan kami menyediakan layanan scan virus gratis dan konsultasi masalah IT. Kami juga mengutamakan layanan outdor-antar jemput barang serta pelayanan jasa yang cepat, bahakan untuk instalasi komputer bisa menuggu dalam hitungan jam. Hal inilah yang akan membuat peluang pasar kami di daerah kapalo koto menjadi cukup bagus, terutama untuk para mahasiswa yang sering mengalami kendala dalam masalah tugas  berbasis online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar