Sabtu, 02 Januari 2016

BAB I

BABI
Pendahuluan

Perkembangan dunia teknologi dan informasi pada saat sekarang begitu cepat dan selalu mengikuti pergerakan masyarakat. Hal inilah yang membuat ketergentungan antara masyarakat dan komputer. Serta kebutuhan masyarakat untuk berkomunikasi dengan yang lainnya dalam jarak yang jauh melalui fasilitas jaringan internet sehingga masyarakat sangat membutuhkan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan komputer dan tidak sedikit dari masyarakat awam mengalami kendala dalam menggunakan komputer dan perangkat teknologi informasi lainnya.
Dari penjelasan diatas akan menjadi landasan utama bagi kami dalam mendirikan usaha di bidang IT khusunya pelyanan jasa di bidang IT, beberapa hal yang menjadi faktor utama pendirian usaha RABL TEKNOLOGI yaitu :
  1. Masyarakat yang menggunakan ataupun mempunyai PC sering mengalami kendala masalah dalam perbaikan kerusakan-kerusakan yang terjadi pada PC nya baik untuk Software(Piranti Lunak) maupun Hardware(Piranti Keras) komputer itu sendiri dan perawatan atas PC nya (Maintenance).
  2. Masyarakat sangat membutuhkan layanan internet dalam mengakses informasi-informasi yang berkembang baik untuk di pakai secara pribadi (Home) maupun Organisasi (WorkGroup) namun mereka belum bisa memasang instalasi jaringan internet untuk hal tersebut.
  3. Kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan informasi dalam berbagai masalah yang mereka hadapi di bidang IT, dengan pelayanan konsultasi IT kami menyediakn jawaban utntuk itu.
Dari faktor beberapa faktor utama di atas maka kami merasa penting untuk mendirikan usaha pelayanan jasa di bidang teknologi informasi ini.

B.     Nama Dan Tempat Usaha


 
  Logo Toko RABL TEKNOLOGI

Usaha pelayanan jasa ini merupakan rintisan usaha baru yang kami beri  nama RABL TEKNOLOGI yang mencakup instalasi komputer, instalasi jaringan lokal, pembuatan website, webblog pribadi, konsultasi gratis masalah IT, pembuatan software sederhana untuk home dan usaha kecil menengah, virus scaning dan penjualan aksesoris komputer. Untuk tempat usahanya akan kami dirikan di Kota Bekasi.

C.     Prospek Pasar

Adapun prospek pasar yang menjadi peluang usaha pelayanan jasa usaha IT SOLUTION and NETWORKING ini adalah masyarakat umum yang menggunakan komputer atau laptop di sekitar tempat usaha ini dan mahasiswa perguruan tinggi yang berada di wilayah usaha ini yaitu sebagian mahasiswa Universitas Gunadarma serta konsumen yang telah pernah menjadi pelanggan kami sebelumnya.

D.     Manfaat Ekonomi

Dengan usaha ini akan memberikan manfaat ekonomi terutama untuk membiayai uang kuliah kami dan membantu ekonomi orang tua agar mandiri dan tidak membebankan orang tua dalam soal biaya hidup untuk kami.

E.     Manfaat Sosial

Kemajuan usaha juga dapat mempengaruhi lingkungan sekitar, sehingga dapat memberdayakan masyarakat yang mempunyai keahlian di bidang IT untuk bisa bekerja di usaha ini, serta masyarakat yang masih awam dengan dunia IT bisa mendapatkan informasi dari layanan jasa yang kami tawarkan.

Tidak menutup kemungkinan kami akan membuka cabang baru untuk memperluas wilayah pemasaran. Harapan kami setiap tahunnya ada Cabang baru yang akan kami dirikan.
Kami berharap dapat menjadi contoh bagi mahasiswa lain bahwa tidak tertutup kemungkinan untuk berwirausaha saat menuntut ilmu didunia pendidikan. 

F.      Teknologi dan Bahan Baku Produksi

Karena usaha ini bergerak di bidang teknologi informasi maka hardware dan software yang kami gunakan adalah product terbaru dari perkembangan teknologi komputer seperti sistem operasi windows XP, Linux, Aplikasi Antivirus terbaru, serta modem ADSL untuk jaringan lokal juga berbagai aksesoris kmputer terbaru.

 

G.    Hukum
Badan usaha yang kami dirikan ini baru dan belum mempunyai badan hukum yang tatap, namun dalam perkembangannya nanti kami akan mengajukan pembuatan NPWP agar kami mempunyai badan hukum yang tetap. Untuk aplikasi program kami akan memakai Aplikasi yang bersifat OPEN SOURCE (gratis) agar terhindar dari masalah pembajakan.

H.    Keuangan
Untuk pendirian usaha IT SOLUTION and NETWORKING ini secara garis besar kami membutuh kan dana investasi awal senilai ± Rp 25.000.000,- namun rincian dananya akan di jelaskan pada bab aspek keuangan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar